"Welcome to Try - Againz, semoga artikel yang ada di sini bermanfaat untuk anda semua"

Selasa, 08 Juni 2010

Peterpan Ganti Nama Master Plan ?


Tidak mudah mencari sebuah nama untuk menggantikan sebuah nama yang sudah dikenal masyarakat luas.Hal itu yang dirasakan kelompok musik Peterpan.

Grup band yang digawangi Ariel (vokal),Uki (gitar),Loekman (bas), dan Reza (drum) terpaksa harus mengganti nama Peterpan sesuai dengan kesepakatan yang sudah dibuat dengan dua personel lainnya yang sudah keluar,Andika dan Indra. Sekian bulan, grup ini terus mencari nama yang pas buat penggantinya. Kini, di pengujung deadline, Ariel dan kawan-kawan telah menemukan nama baru mereka.

Menurut sumber terdekat grup ini, kabarnya nama Peterpan akan digantikan dengan nama Master Plan, atau disingkat MP, yang berarti rancangan dasar. Nama tersebut, kabarnya pula sudah disepakati keempat personel barunya itu.

Mereka menilai nama itu dirasakan tepat lantaran musik yang mereka tawarkan dalam album terbaru nanti tidak berubah, layaknya mereka merancang lagu-lagu hit dalam album pertama Peterpan bertajuk ”Taman Langit”, yang langsung mendapat sambutan hangat masyarakat.

Begitu pula ketika mereka meresmikan nama baru dan meninggalkan nama Peterpan. Ariel dan kawan-kawan berharap nama yang diusungnya itu tidak akan menghilangkan konsep musik pop rock Peterpan. Pasalnya, hampir seluruh lagu yang dibuat Peterpan atau MP ini dibuat Ariel dan diaransemen teman-temannya, sehingga musik yang dihasilkannya pun tidak berbeda jauh dengan benang merah yang sudah ada.

Pemilihan nama itu kabarnya dicetuskan Uki. Nama itu juga sudah mendapat persetujuan dari tiga personel lainnya. Bahkan, nama MP sudah dipampang di studio milik Uki di Bandung. Pergantian nama tersebut, menurut sumber Peterpan ini, akan diresmikan saat album mereka rilis November mendatang.

Saat itu pula nama Peterpan hanya tinggal kenangan, dan tidak akan ada orang lain yang menggunakannya. Sayang, soal pergantian nama menjadi MP tersebut belum ada pihak yang mau menjelaskan.Telepon genggam Ariel saat dihubungi Seputar Indonesia tidak diangkat. Demikian dengan Musica Studio sebagai pihak label yang menaungi Ariel dan kawan-kawan.

Mereka belum bisa membicarakan masalah pergantian nama tersebut. ”Mereka (Ariel dan kawan-kawan) sedang mempersiapkan album. Rencananya,November ini album itu keluar. Jadi tunggu saja,” kilah sumber yang tidak ingin disebutkan namanya. ”Saya yakin nama (band) sudah siap. Tapi saya tidak tahu pasti.

Mungkin nama itu akan menjadi kejutan mereka saat pergantian nama nanti,”sebut sumber tadi. Sebelumnya, Ariel dan kawankawan sempat meminta saran untuk mendapatkan nama yang tepat pada penggemar Peterpan. Bahkan, mereka juga mencari beberapa alternatif nama lain yang dinilai benar-benar layak untuk band mereka ini.

Ada tiga buah nama yang sudah dipegang. Hanya, mereka tidak mau menyebutkan nama-nama yang sudah ada itu.Kebetulan,ketiga nama itu juga sudah diketahui pihak manajemen dan pihak label yang akan membantu karier mereka pada masa yang akan datang. ”Soal pastinya,tunggu saja nanti,” kilah sumber itu.

Perubahan nama Peterpan ini terjadi sejak ada perpecahan di tubuh Peterpan.Tepatnya pada 4 November 2006,Andika dan Indra resmi keluar dari band yang sudah berdiri sejak 1997 ini. Perpisahan itu memaksa Peterpan harus berganti nama.Pasalnya, nama Peterpan dicetuskan Andika. Dia tidak terima nama itu dipakai ketika dirinya sudah tidak bersama lagi.

Kesepakatan yang dilakukan, pergantian nama itu terjadi ketika Peterpan mengeluarkan album baru. Nah, pada November ini, tiba saatnya nama Peterpan harus berakhir dan menjadi kenangan manis untuk kedua belah pihak. Sebetulnya setelah konflik itu terjadi, Ariel dan teman-teman sempat mengeluarkan album ”Hari Yang Cerah”.

Album itu langsung diperkenalkan di dua negara,Indonesia dan Malaysia,serta disiarkan langsung di enam stasiun televisi. Hanya, itu dinilai masa transisi Peterpan. Sebelum berganti nama,Peterpan juga sempat menggelar konser besar di Ancol,Jakarta Utara.Konser diberi nama ”Sebuah Nama,Sebuah Cerita”.

Konser itu dilakukan untuk mengenang perjalanan Peterpan selama ini. Pada kalimat Sebuah Nama,Peterpan menilai bahwa sebuah nama grup band yang sekarang ini banyak dikenal masyarakat Indonesia dan sekitarnya.Adapun kalimat Sebuah Cerita, Peterpan memiliki cerita mulai dari awal perjalanan kariernya hingga dikenal, disenangi, dikagumi karena karya-karyanya.

Untuk itu pula,mereka juga mengeluarkan merchandise untuk para penggemarnya berupa kalung liontin. Dan sekarang,Ariel dan kawankawan berharap musik mereka tetap mendapat tempat di masyarakat, meski telah berganti nama. Nama pastinya apa, kita tunggu saja.
Sumber : Kaskus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar